Sempatkan Waktu Libur Anda Mendaki Gunung Rinjani

oleh

Sekilas Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah gunung yang berlokasi di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat, Merupakan gunung berapi kedua tertinggi di indonesia dengan ketinggian 3.726 mdpl, Gunung ini merupakan gunung favorit para pendaki indonesia karena keindahan pemandangannya, serta merupakan bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani, Gunung ini juga berada dalam wilayah tiga kabupaten : Lombok Timur, Lombok Tengah dan Lombok Barat.

Medan pendakian Gunung Rinjani, bisa dikatakan tidak terlalu sulit, apabila sudah menemukan jalur yang mudah maka itu sangat baik dilewati. ada beberapa juga jalur untuk mendaki gunung ini, seperti jalur Sembalun, Senaru dan Torean.

Nah sobat alam, dalam pendakian yang melewati jalur Sembalun ini Anda akan melewati padang savana yang datar dan luas namun penting diketahui, Anda harus membawa krim yang harus di olesi ke seluruh wajah ataupun badan Anda, mengapa? Karena mengingat cuaca disana yang sangat panas ketika siang hari dan berdebu maka dianjurkan bagi Anda yang ingin mendaki harus membawa krim skincare ini, sambil kalian berjalan menyisir jalur sembalun ini Anda juga disuguhkan pemandangan kerbau – kerbau yang sedang makan rerumputan serta kicauan suara burung – burung yang merdu.

Kemudian ada 4 Pos yang harus Anda lewati tentunya tidak semua pos yang dilewati terdapat sumber mata air namun Anda dapat membeli di warung penduduk yang ada di setiap posnya atau shelter, di dalam pendakian gunung rinjani terutama di Via Sembalun ini dimulai dari pos 1, pos 2, pos 3, dan terakhir adalah pos Plawangan – Sembalun dimana pos ini adalah tempat terakhir pendaki untuk bermalam beristirahat untuk melanjutkan perjalanan berikutnya menuju puncak Gunung Rinjani.

Keindahan Gunung Rinjani

Keindahan Gunung Rinjani memang tak dapat dilupakan dan tak bisa di ungkapkan dengan kata – kata, maka kita harus bersyukur kepada Tuhan atas segala ciptaanya. Jika Anda berada di plawangan kalian dapat melihat disaat waktu terbaik, baik di pagi hari , siang hari, ataupun sore hari serta malam hari , keindahan yang sangat amat indah. apalagi di malam hari Anda meskipun menghadapi cuaca yang dingin, Anda disuguhi terang bintang di langit yang tinggi.

Berlanjut pada waktu yang tepat dan terukur untuk melanjutkan ke puncak gunung rinjani ini, dimana Anda akan melihat Pesona Danau Segara Anak danau yang indah ini bisa dilihat ketika menempuh pendakian melalui dua jalur, yaitu jalur Pendakian Sembalun dan Jalur Pendakian Senaru. nah sobat alam sekalian untuk mencapai Danau Segara Anak dari jalur Via Sembalun, membutuhkan waktu sekitar 7 jam, sedangkan jalur Via Senaru membutuhkan waktu 7 jam kurang lebih.

Di sekitar danau atau di pinggiran danau, biasanya pendaki mendirikan tenda untuk bermalam selain itu para pendaki juga bisa melakukan seperti, memancing ikan, berendam di pemandian air panas yang hangat sekitar 5 menit jauhnya dari Danau Segara Anak ini.

Banyak sekali hal yang tidak bisa dilupakan ketika kalian mendaki Gunung Rinjani ini. Untuk menuju ke Gunung Rinjani ini, Anda bisa memulainya dari mataram menuju sembalun menaiki moda transportasi yang ada, seperti Angkutan Umum lainnya menempuh waktu perjalanan sekitar 2 jam.

Jika Anda berada diluar pulau lombok ini, Anda bisa memulainya dengan menaiki pesawat menuju Bandara Praya Lombok dan selanjutnya bisa menaiki moda transportasi yang ada sampai ke desa sembalun dan ke tempat registrasi pendakian atau loket di sana. [Muhammad Fixi Nurcahyadi]