Perbaikan Jembatan Jl Pete Cilangkap Rampung

oleh

MAJALAH JAKARTA – Perbaikan jembatan penghubung antar kampung di Jl Pete, Cilangkap, Cipayung, Jakarta Timur, saat ini secara fisik sudah rampung 100 persen. Pekan depan rencananya jembatan akan dicat warna kuning dan bagian landasan jembatan akan diaspal hotmix.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Sudin Bina Marga Jakarta Timur, Budi Cahyo mengatakan, perbaikan yang membentang di atas Saluran Penghubung (Phb) Cilangkap ini menindaklanjuti usulan warga melalui Musrenbang. Jembatan ini sebelumnya kondisinya rusak parah, bagian kiri kanannya berlubang. Saat debit air Saluran Phb Cilangkap tinggi, badan jembatan sering tergenang. Sehingga kerusakan bertambah parah.

“Perbaikan jembatan di Jl Pete secara fisik sudah kelar 100 persen. Pekan depan tinggal finishing, bagian ralling dicat. Kemudian beton cor di atas jembatan dan di badan jalannya akan diaspal hotmix agar pengendara lebih aman dan nyaman,” papar Budi, Minggu (28/11).

Menurutnya, panjang jembatan yang diperbaiki mencapai tujuh meter dan lebar 3,6 meter. Badan jembatan yang dibangun ini lebih tinggi 50 sentimeter dari kondisi sebelumnya. Hal ini dilakukan agar tidak ada sampah yang tersangkut di jembatan saat debit air tinggi.

Selain itu juga agar saat terjadi genangan, badan jembatan masih terlihat. Tidak seperti sebelumnya, badan jembatan tertutup genangan saat terjadi banjir. Sehingga hal ini mengundang bahaya bagi warga yang melintasnya.

Disebutkan, konstruksi jembatan dibangun menggunakan beton cor agar kokoh. Kemudian di kiri kanannya dipasangi ralling untuk pagar pengaman.

‘Anggaran perbaikan jembatan antar kampung ini sekitar Rp 900 juta, ” tandasnya.