Pandemi, Tantangan Baru bagi Perbankan Syariah

oleh

Oleh: Siti Rahmatul Ummah, Mahasiswi UIN Syarif Hidayatullah Jakarta

Perbankan syariah atau perbankan Islam adalah suatu sistem perbankan yang pelaksanaannya berdasarkan hukum Islam yang bersumber pada larangan agama untuk melakukan pemungutan atau riba.

Dengan adanya pandemi Covid-19 seperti saat ini membuat sektor Perbankan Syariah harus membuat inovasi dan perkembangan baru untuk beradaptasi dengan kondisi yang ada sehingga dalam prosesnya tetap sesuai dengan ajaran agama Islam serta tetap mengedepankan kepuasan para nasabah.

Tantangan Industri perbankan syariah:

1. Menjaga jarak fisik (Physical Distancing).

Akibat adanya pandemi Covid-19 menuntut industri perbankan syariah untuk melayani nasabah dari rumah, perbankan syariah harus beradaptasi dan menyesuaikan pola bisnis dengan cara melayani nasabah dari rumah melalui digitalisasi layanan bank.

2. Berinovasi dalam promosi layanan perbankan syariah

Banyak masyarakat yang belum mengetahui layanan atau program apa saja yang terdapat dalam sektor perbankan syariah yang diperparah dengan adanya pandemi Covid-19 sehingga masyarakat mengalami hambatan dalam mengenal perbankan syariah. Maka dari itu, sektor perbankan syariah harus meningkatkan layanannya terutama di bidang digitalisasi.

3. Memilih sektor yang sedang naik di tengah pandemi Covid-19

Di tengah pandemi Covid-19 perbankan syariah harus pandai memilih sektor mana yang sedang naik di kondisi seperti pandemi ini sehingga nantinya perbankan syariah dapat melakukan kerjasama dengan memberikan dana pada sektor tersebut. Contoh sektor yang sedang naik di pandemi Covid-19 ini yaitu sektor kesehatan, telekomunikasi dan e-commerce.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.