Mahasiswa UI Terinovatif di Program Kampus Merdeka Bank Indonesia

oleh

MAJALAH JAKARTA Ivan Widjanarko, mahasiswa UI Program Studi Teknik Komputer, Fakultas Teknik Universitas Indonesia (FTUI) angkatan 2018, meraih penghargaan sebagai Peserta Magang Paling Inovatif dalam Program Kampus Merdeka di Bank Indonesia (KMBI) Angkatan III. Bank Indonesia memberikan penghargaan kepada 31 pemenang berdasaran kinerja mereka selama mengikuti program tersebut. Sebanyak 102 mahasiswa peserta magang dari 27 universitas yang berasal dari seluruh Indonesia, turut berpartisipasi pada program KMBI yang berlangsung pada periode 18 Agustus 2021- 17 Februari 2022.

Selama program berlangsung, Bank Indonesia melakukan pemantauan dan penilaian atas berbagai aspek, seperti sikap, kehadiran, tingkat keaktifan, serta pengumpulan tugas-tugas magang. Ada sembilan kategori penghargaan, yaitu: Paling Memimpin, Paling Digital Freak, Paling 4.0, Paling Visioner, Paling Populer, Paling Pembelajar, Paling Gesit, Paling Mindfulness, dan Paling Inovatif. Pemenang dari sembilan kategori tersebut (31 orang) mendapatkan sertifikat penghargaan dan hadiah menarik dari Bank Indonesia. UI mengirim empat orang mahasiswa mengikuti program KMBI Bank Indonesia.

Ivan menceritakan proyek pertama yang dikerjakannya pada program KMBI tersebut, yaitu mendesain laman Situs Pengelolaan Edukasi Kebanksentralan Online (SPEKTRO) milik BI sebagai platform Massive Open Online Course (MOOC) dan Expert Hub. “Awalnya, pihak BI memberikan dokumen berupa Business Requirement Document (BRD) dan Workflow terkait laman MOOC yang ingin dikembangkan. Dokumen-dokumen tersebut menjelaskan mengenai proses bisnis serta fitur-fitur yang ingin dihadirkan pada laman tersebut. Saya mendesain tampilan UI/UX website menjadi lebih user friendly, sehingga orang awam yang baru pertama kali masuk ke situs tersebut dapat dengan mudah memahami fitur-fitur yang disediakan.”

Selain desain laman situs SPEKTRO, Ivan juga berkesempatan menjalankan proyek kedua terkait pengolahan dan visualisasi data pegawai BI. Pengolah dan visualisasi data tersebut dibuat dengan menggunakan Google Data Studio dan Microsoft Power BI. Pada proyek ini, inovasi yang Ivan bawa berupa pemanfaatan framework, Microsoft Power BI, dengan menggabungkan relasi-relasi setiap database, sehingga visualisasinya menjadi lebih menarik namun tetap menampilkan dan menggambarkan data yang tepat.

“Melalui program KMBI, saya mendapat pengalaman belajar dan bekerja. Meskipun saya mahasiswa Fakulas Teknik UI, saya tetap bersemangat mempelajari materi mengenai kebanksentralan, moneter, dan budaya kerja di BI. Kegiatan magang di BI terlaksana secara terstruktur mengikuti dokumen Personal Development Journey (PDJ) yang disetujui oleh pemagang dan mentor di awal kegiatan magang. PDJ ini berisi modul-modul pembelajaran yang akan dipelajari dan timeline pengerjaan proyek,” kata Ivan terkait pengalamannya mengikuti program KMBI.

Prof. Dr. Heri Hermansyah, ST., M.Eng., IPU, Dekan FTUI, menyampaikan apresiasinya terhadap pencapaian Ivan. “Hingga akhir tahun ajaran semester gasal 2021/2022 tercatat lebih dari 1000 mahasiswa FTUI yang telah mengikuti program MBKM. Program-program yang mereka ikuti seperti program MSIB, Bangkit, Pejuang Muda, IISMA, dan magang di berbagai perusahaan seperti KMBI Bank Indonesia. FTUI sebagai bagian dari Universitas Indonesia sangat mendukung program MBKM yang mendorong mahasiswa untuk menguasai berbagai keilmuan yang berguna untuk memasuki dunia kerja,” ujar Prof. Heri.

“Bersyukur sekali karena saya bisa memperoleh penghargaan sebagai pemagang paling inovatif selama mengikuti program KMBI Angkatan III. Senang dan bangga rasanya bisa turut berkontribusi dan memberikan inovasi-inovasi dalam pengerjaan proyek di Bank Indonesia, khususnya dalam pengerjaan proyek situs SPEKTRO bersama mentor dan kakak-kakak pendamping dari unit Learning, Innovation, Design, and Evaluation (LIDE). Saya berharap, semoga pengalaman dan pembelajaran yang didapatkan bisa menjadi bekal berharga bagi saya untuk memasuki dunia kerja di masa depan,” kata Ivan. []