Komite SEAHUM Siapkan Kolaborasi Program Kemanusiaan Pasca-Covid19

oleh
Komite Seahum Siapkan Kolaborasi Program Kemanusiaan Pasca-Covid19

MAJALAH JAKARTA – Komite Kemanusiaan Asia Tenggara (Southeast Asia Humanitarian / SEAHUM) perkuat komitmen kolaborasi program di bidang kemanusiaan Pada Sabtu (12/3). Bertempat di Hemangini Hotel, Kel. Hegarmanah, Kec. Cidadap, Kota Bandung. Seluruh anggota SEAHUM berkumpul.

Pertemuan dilakukan secara daring dan luring. Adapun peserta berasal Malaysia, Myanmar, Thailand, Filipina, Bangladesh, Kamboja, Timor Leste, dan Indonesia.

Dengan total peserta mencapai 40 orang dari berbagai lembaga atau institusi kemanusiaan di Asia Tenggara.

Adapun tema pertemuan kali ini ialah bertajuk “Humanitarian Aid at the Post-Pandemics: Where Should Humanitarian Aid Go Next?“.

“Mendorong sinergi program di antara organisasi kemanusiaan,”terang Murni Alit Baginda dalam sambutannya selaku Vice President of Capacity Building SEAHUM.

Pertemuan ini bertujuan untuk konsolidasi para lembaga aktivis bencana dan kemanusiaan.

Pertama, dengan menyelaraskan visi-misi masing lembaga yang tergabung dalam komite SEAHUM.

Kedua , kolaborasi program kemanusiaan masing-masing lembaga di era pasca-pandemi Covid-19.

Melalui salah satu rangkaian agenda talk show yang dipandu oleh Haryo Mojopahit (Chief Executive DMC Dompet Dhuafa) sebagai moderator.

Para narasumber Kamarul Zaman (Presiden Komite SEAHUM/Chief Executive Officer MyCare), Andi Noor Faradiba (Senior Manager Global Humanity Network ACT), dan Nurmansyah (Manager of Disaster Risk Reduction Rumah Zakat).

Memaparkan kondisi masyarakat di Asia Tenggara yang terdampak akibat hadirnya pandemi Covid-19. Serta beberapa program yang bisa diintegrasikan dalam pengentasan masalah akibat Covid-19.

Selain masalah kemanusiaan yang diakibatkan oleh Covid-19. Isu kemanusiaan lain juga diangkat, seperti masalah migrasi besar akibat konflik sosial di Myanmar, dampak bencana alam, dan lainnya.

“Apa yang akan kita lakukan untuk membantu saudara-saudari kita yang ada di Myanmar (dan di wilayah lainnya)? ,” tanya Syamsul Ardiansyah Senior Officer of Strategic Alliance Dompet Dhuafa.

Seluruh anggota Komite SEAHUM berpegang teguh untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat yang membutuhkan. Semangat ini akan terus dipegang dan diwariskan hingga tahun-tahun selanjutnya. []