Kembangkan Ekonomi Kreatif, Bank BJB Dukung UMKM

oleh

MAJALAH JAKARTA – PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk (Bank BJB) terus mendukung dan menjadi sahabat pelaku UMKM serta produk lokal unggulan di Indonesia.

Komitmen ini terlihat dalam kegiatan Sarasehan dan Gelar Produk Unggulan UMKM Se-Wilayah Ciayumajakuning meliputi Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka dan Kabupaten Kuningan.

Acara ini bertajuk “Membangun Ekonomi Kreatif dengan Spirit Pariwisata”, pada Minggu 6 Februari 2022. Turut hadir Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno sebagai pembicara utama. Ia menyampaikan bahwa para pelaku ekonomi kreatif dapat membangun usaha dengan mengeksplorasi potensi wisata.

“Kemudian mendorong peran serta masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif, juga memberi ruang kepada para pelaku UMKM untuk memperkenalkan produknya di area wisata,” terang Sandiaga, dikutip dari laman resmi perseroan, Kamis (10/3).

Selain itu juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman dalam rangka mendukung pengembangan UMKM dan Pariwisata di Kabupaten Majalengka. Acara dihadiri Pemimpin Cabang Bank BJB Majalengka Yatni Rohayati, Direktur Utama BIJB Kertajati Muhammad Singgih dan lainnya.

Kegiatan ini merupakan kegiatan kolaborasi antara Bank BJB Kantor Cabang Majalengka, Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka, Bank Indonesia Cirebon dan APINDO Kabupaten Majalengka.

Pada kesempatan ini, Bank BJB menyampaikan dukungan kepada pelaku usaha usaha karena telah menggunakan layanan transaksi digital dari DIGI by bank bjb serta QRIS, akses permodalan, dan layanan Program PESAT melalui aplikasi DiSentra.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary Bank BJB Widi Hartoto mengatakan selain memberikan pinjaman modal kepada pelaku UMKM, bank bjb juga memiliki program PESAT (Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Terpadu).

“Ini merupakan program pemberdayakan UMKM. Program ini ditujukan untuk meningkatkan kompetensi dan kapasitas usaha bagi pelaku usaha sehingga diharapkan UMKM semakin maju dan berkembang,” terangnya.

Baca Juga: Pengembangan Digitalisasi Menjadi Dukungan Jasindo di Presidensi G20 Indonesia

Perusahaan juga mendukung pemerintah pusat dengan menjadi penyalur Kredit Usaha Rakyat (KUR) terutama kepada klaster berbasis komoditi unggulan. Menurutnya, pelaku UMKM bisa dengan mudah mengajukan pinjaman dan mengirimkan berkas syarat melalui aplikasi bjbLAKU.

“Bank BJB merupakan sahabat UMKM karena memiliki banyak fasilitas yang bisa dimanfaatkan pelaku usaha mulai dari pembiayaan atau kredit, peningkatan kapasitas, perluasan pasar, dan lainnya,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Bank BJB senantiasa mendukung langkah UMKM sebagai penggerak roda perekonomian dengan mempermudah akses keuangan dan fasilitas perbankan bagi para pelaku usaha. []