Jalur Masuk UI Lewat PPKB dan Talent Scouting Dibuka hingga 8 Maret

oleh

MAJALAH JAKARTA – Pendaftaran seleksi jalur Prestasi dan Pemerataan Kesempatan Belajar (PPKB) dan Talent Scouting Universitas Indonesia (UI) tahun 2022 telah dibuka mulai 8 Februari 2022 sampai dengan 8 Maret 2022 pukul 23.59 WIB. Pendaftaran dilakukan melalui laman penerimaan mahasiswa baru UI di https://penerimaan.ui.ac.id/ppkb, dengan cara login menggunakan akun peserta PPKB dan Talent Scouting (username/nomor pendaftaran dan password) yang telah teregistrasi.

PPKB dan Talent Scouting UI merupakan jalur seleksi berdasarkan nilai akademik rapor yang melibatkan peran sekolah untuk pendidikan Vokasi D3 dan D4 (sarjana terapan), S1 Paralel, dan S1 Kelas Internasional. Jalur ini bersifat terbatas dan hanya untuk sekolah yang telah mengajukan permohonan. Proses seleksi jalur PPKB dan Talent Scouting dilakukan menggunakan sistem seleksi berdasarkan pencapaian prestasi akademik siswa di sekolah.

Bagi calon mahasiswa yang ingin masuk UI pada jenjang Strata Satu (S1) Reguler, bisa melalui Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Seleksi Masuk (SIMAK) UI. Untuk jenjang S1 Paralel, S1 Kelas Internasional, dan Vokasi UI 2022 adalah melalui jalur (PPKB)/Talent Scouting dan SIMAK UI.

Alokasi kuota penerimaan mahasiswa baru UI tahun 2022 untuk program pendidikan S1 Reguler sama dengan tahun 2021, yakni yang melalui SNMPTN dengan kuota 20%, SBMPTN kuota 30%, dan jalur mandiri (SIMAK UI) kuota 50%. Untuk penerimaan S1 Paralel melalui PPKB UI kuotanya adalah 50% dan SIMAK UI kuota 50%, untuk S1 Kelas Internasional adalah 40% (melalui Talent Scouting) dan lewat SIMAK UI sebesar 60%, sedangkan untuk D3/D4 Vokasi UI adalah melalui PPKB UI 70% dan SIMAK UI 30%.

Pendaftaran jalur masuk UTBK dan SBMPTN akan dilakukan pada 23 Maret-15 April 2022. Pelaksanaan ujian dibagi menjadi dua gelombang, yaitu, 17-23 Mei 2022 (Gelombang 1) dan 28 Mei-3 Juni 2022 (gelombang 2), dan pengumuman hasil SBMPTN adalah 23 Juni 2022.

Jalur mandiri SIMAK UI akan dibuka pada bulan Mei–Juni 2022 untuk S1 Reguler, S1 Paralel, dan Pendidikan Vokasi D3/D4 dengan materi seleksi Kriteria Nilai UTBK (untuk pendaftar S1 Reguler) dan nilai ujian SIMAK UI, yang terdiri dari Kemampuan Dasar (Matematika Dasar, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris) untuk semua jurusan, Kemampuan IPA terdiri dari Matematika IPA, Biologi, Fisika, Kimia, dan Kemampuan IPS terdiri dari Ekonomi, Sejarah, Geografi dan Sosiologi. Untuk Kelas Internasional, yang akan diuji adalah Mathematics, Biology, Physics, Chemistry (Natural Science), dan Basic Mathematics, Economics, Indonesian, dan World History, Geography, Sociology (Social Science).

Pada ujian masuk melalui jalur SBMPTN yang akan diuji adalah Tes Potensi Skolastik (TPS) yang mengukur kemampuan kognitif seperti kemampuan penalaran dan pemahaman umum, kemampuan kuantitatif (pengetahuan dan matematika dasar), kemampuan memahami bacaan dan menulis; tes kemampuan Bahasa Inggris; dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) guna mengukur Pengetahuan dan Pemahaman Keilmuan yang diajarkan di sekolah. []