FMIPA UI Mantapkan Posisi di Level Dunia

oleh

MAJALAH JAKARTA – Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia (FMIPA UI) mengusulkan empat Program Studi (Prodi) Sarjana untuk mendapatkan akreditasi internasional melalui Akkreditierungsagentur für Studiengänge der Ingenieurwissenschaften, der Informatik, der Naturwissenschaften und der Mathematik (ASIIN). Hal ini merupakan suatu upaya untuk memantapkan posisi FMIPA UI di tingkat internasional, degan mengajukan empat prodi tersebut, yakni Matematika, Fisika, Biologi, dan Geografi.

ASIIN merupakan lembaga akreditasi internasional independen yang berbasis di Jerman untuk penjaminan kualitas suatu program bergelar dalam displin ilmu teknik, informatika, ilmu alam, dan matematika. Sejak tahun 2000, ASIIN memiliki hak untuk memberikan stempel akreditasi dari Dewan Akreditasi Jerman, selain stempel kualitas ASIIN. ASIIN terdaftar dalam The European Quality Assurance Register for Higher Education (EQAR) hingga 31 Agustus 2026. EQAR termasuk dalam daftar register akreditasi yang diakui oleh pemerintah Indonesia.

Keempat prodi tersebut mulai menjalani rangkaian visitasi/audit oleh peer review/ tim asesor ASSIN secara daring pada 21-23 Februari 2022. Tim Peers ASIIN terdiri dari tujuh asesor, yaitu Prof. Dr. Péter Bagoly-Simó (Geography – Humboldt-University Berlin), Prof. Dr. Robert Hänsch (Biology – Technical University Braunschweig), Prof. Dr. Roth Stefan (Physics – RWTH Aachen University), Prof. Dr. Frank Loose (Mathematics – University of Tübingen), Silke Bargstädt-Franke (Industry – Federal Office for Information Security), Luthfia Hastifa (Student – Hasanuddin University), dan Dr. Daniel Seegers (Secretariat – ASIIN).

Hadir dalam visitasi tersebut Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi drg. Nurtami, Ph.D., Sp,OF(K), Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia Prof. Dr. Ir. Dedi Priadi, DEA., dan para Direktur/Kepala Unit di Lingkungan Pusat Administrasi Universitas. Dalam pidato sambutannya, Prof. Abdul Haris menyampaikan bahwa Universitas Indonesia selalu berkomitmen untuk beradaptasi dan berinovasi serta mendorong mahasiswa untuk memperoleh keunggulan kompetitif global, dan mengeksplorasi potensi mereka.

“Kami terus meningkatkan kualitas kami dan menanamkan budaya kualitas di UI. Saat ini, UI menduduki peringkat sebagai universitas terbaik di Indonesia menurut Times Higher Education, dan Webometrics,” ujar Prof. Haris, yang juga merupakan dosen FMIPA UI dengan kepakaran geofisika. Meskipun rangkaian kegiatan visitasi ini dilakukan daring di tengah situasi pandemi Covid-19, namun ia berharap bahwa kegiatan tersebut dapat berjalan lancar dan memberikan hasil terbaik bagi FMIPA UI.

Kepala Unit Penjaminan Mutu Akademik FMIPA UI, Dr. Denny R. Silaban, M.Kom., sekaligus Ketua Tim ASIIN FMIPA UI menyampaikan bahwa pihaknya telah melaksanakan berbagai rangkaian kegiatan bersama para dosen, mahasiswa, dan alumni untuk dapat menyukseskan proses visitasi yang merupakan bagian paling penting dalam memperoleh akreditasi internasional tersebut. Kegiatan itu diantaranya sosialisasi dan simulasi kepada para mahasiswa, dosen, dan alumni.

Tak hanya itu, lanjut Dr. Denny, karena visitasi dilaksanakan secara daring, maka timnya membangun laman khusus yang berisi video dan foto interaktif untuk menunjukkan lab-lab dan fasilitas yang ada di FMIPA kepada peer review ASIIN. Laman itu dapat diakses melalui website FMIPA UI. Melalui laman tersebut, para Peer ASIIN dapat melihat secara detail kondisi riil di FMIPA UI terutama untuk bagian fasilitas kampus. Sehingga dapat memudahkan Peer dalam melakukan penilaian dan review.

Pada sesi penutupan yang dilaksanakan pada 23 Februari 2022, peer review ASIIN memberikan rangkuman terhadap ke empat prodi yang diaudit. Pada kesempatan yang sama, Prof. Haris menyampaikan terima kasih dan closing statement. Hasil penilaian akreditasi ini renacananya akan diterima oleh FMIPA UI pada bulan Juni 2022 setelah rapat ASIIN Accreditation Commission for Degree Programmes.

Dekan FMIPA UI Dede Djuhana, Ph.D., mendukung penuh dan mengawal proses ASIIN ini dengan menghadiri setiap rangkaian acara, mulai dari sosialisasi dan simulasi kepada sivitas, alumni, dan user. Ia juga memberi arahan agar semua stakeholder saling bersinergi untuk mendukung akreditasi ini.