Bazar Kewirausahaan STIE Dewantara Angkatan E32ABC 2022 Berjalan Sukses

oleh
Majalah Jakarta Bazar Kewirausahaan Stie Dewantara Angkatan E32Abc 2022 Berjalan Sukses

MajalahJakarta.com – Berada di halaman KNPI Bogor, Jl. Tegar Beriman Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Dewantara angkatan E32 ABC, mengadakan bazar kewirausahaan, yang di mulai sejak pukul 06.00 Wib-selesai. Minggu, (19/06/22)

Sebanyak 30 lapak berjejer dengan menyajikan berbagai macam bentuk kuliner hasil olahan para mahasiswa STIE Dewantara dan mendapat sambutan hangat baik dari para alumni maupun dari warga sekitar yang datang.

Selain kuliner panitia juga menjual minyak goreng dengan harga murah. Ketua Panitia pelaksana yakni Muslim mengatakan bahwa, animo masyarakat cukup tinggi hal ini terlihat dari banyaknya pengunjung yang hadir dan membeli di setiap stan di tambah dukungan para alumni. “Sebelum hari pelaksanaan kita udah sebarkan pamflet, player dan brosur, kita juga undang para alumni untuk hadir memeriahkan acara bazar ini.”ucap Muslim

Masih menurut Muslim bahwa, “bazar yang di lakukan saat ini adalah bagian dari mata kuliah kewirausahaan STIE Dewantara kita buka 30 lapak atau stan dan di ikuti oleh 90 mahasiswa. Tujuan adanya bazar ini biar semua mahasiswa tahu tentang usaha, tentang bisnis kita berharap kelak mereka mau untuk berwirausaha dengan menciptakan lapang usaha, sekaligus mendapatkan hasil memenuhi kebutuhan mereka sendiri,” tambah Muslim.

Ketua harian STIE Dewantara yakni Suhendra mengatakan bahwa, “dengan adanya bazar ini di harapkan jiwa kewirausahaan dapat timbul, hal ini sangat bagus hasilnya bisa untuk keperluar dirinya sendiri baik itu buat bayar kuliah atau keperluan lainnya. Jadi dengan berwirausaha nggak perlu malu. Dengan adanya bazar ini kita terjun langsung dan berinteraksi dengan masyarakat tentang usaha yang sedang kita jalani,” ucap Suhendra.

Menurut salah seorang mahasiswa peserta bazar mengatakan bahwa, “sekarang kan kondisi dan situasi masih pandemi banyak dunia usaha tutup. Nah, banyak hal yang bisa di ambil dengan adanya kondisi seperti ini, semua saat ini serba lewat online, tanpa sewa tempat pun bisa jualan, peluang ini bisa dilakukan siapapun dan di manapun yang intinya tidak perlu malu dengan adanya kegiatan ini kuta sangat senang dan berharap perekonomian kita kembali bangkit,” tuturnya.

Zeze Zakariah Hamzah ketua program studi mengatakan bahwa, biasanya bazar di lakukan kampus, yakni di Acropolis Blok LC No.19 Jl. Raya Pemda Bojong Depok Baru III Karadenan, Cibinong-Bogor. Tapi karena saat ini situasi pandemi dan kampus juga offline dan online jadi kegiatan di lakukan di luar.

“Semua keperluan pelaksanaan bazar panitia yg urus, kita serahkan kepada mereka supaya mereka juga paham, di sini kita lokasi sewa dengan pihak KNPI. Kalo di sini konsumennya bukan hanya mahasiswa atau alumni saja yang hadir tapi juga masyarakat umum, mereka juga dapat berinteraksi langsung tentang produk mereka baik kekurangan mau kelebihannya. Setelah acara ini pun, kita selalu lakukan evaluasi. Masalah jenis kuliner, mereka sendiri yang siapkan, ragam menu bisa di cari info dari web dan sebagainya, dari situ akan muncul ide sendiri agar usaha yang mereka rintis dengan usaha bersama dapat laku terjual,” ucap Zeze.

Acara bazar kewirausahaan STIE Dewantara Angkatan E32 ABC 2022, yang dilaksanakan di halaman gedung KNPI Jl.Tegar Beriman Bogor, dibuka oleh Ketua STIE Dewantara yakni ibu DR. Yasnimar Ilyas.MSI.

ketua STIE Dewanrara, DR. Yasnimar. MSI dalam sambutannya mengatakan STIE Dewantara Sudah menghasilkan 150 entrepreneur baru yang dapat membantu program pemerintah dalam menciptakan lapangan usaha dan program unggulannya adalah kewirausahaan yang dapat menghasilkan entrepreneur-entrepreneur muda.

“Alhamdulillah yang ada di bazar di sini rata-rata sudah lulusan- lulusan pkkm pada program tahun pertama dan Alhamdulillah kita tahun ini juga mendapatkan lagi pendanaan dari kementerian pendidikan untuk program kompetisi kampus merdeka dan otomatis program kewirausahaan ini akan kita lanjutkan pada tahun ini supaya menghasilkan lebih banyak lagi entrepreneur muda dari STIE Dewantara itu yang pertama dan yang kedua program kewirausahaan ini bukan hanya di kampus saja harapannya dari program ini adalah menghasilkan para pengusaha-pengusaha muda,” ucapnya.

Masih kata Ketua STIE Dewantara, “karena dari program kompetisi kampus merdeka sudah ada yang menghasilkan omset yang cukup besar, ada yang mencapai satu bulannya 300 juta, omset yang cukup besar. Ini program unggulan kita sehingga nanti kedepannya kita tidak lagi menjadi pekerja tapi sudah menciptakan lapangan kerja jadi semua di sini menjadi wirausaha muda yang dapat membantu pemerintah untuk menghasilkan para intertrainer muda yang mandiri yang juga bisa memberikan peluang lapangan kerja bagi masyarakat,”tegasnya. (Joe)