Atalia Praratya Apresiasi Bincang Literasi SLI LPI DD

oleh
Majalah Jakarta Atalia Praratya Apresiasi Bincang Literasi Sli Lpi Dd

MAJALAH JAKARTA, Bogor – Minat membaca anak Indonesia saat ini masih rendah berdasarkan tes PISA 2018 dan Survei UNESCO, hanya 0,001% anak Indonesia suka membaca buku, hal ini menjadi tantangan bagi penggiat literasi dalam membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya membaca.

Sekolah Literasi Indonesia (SLI) yang berada di bawah naungan Lembaga Pengembangan Insani Dompet Dhuafa (LPI DD) menjawab tantangan tersebut dengan menghelat Bincang Literasi bertajuk “Menciptakan Pengalaman Bermakna dengan Membacakan Buku Cerita Bersama Keluarga” yang dibuka Atalia Praratya, Bunda Literasi Jawa Barat, pada Minggu (02/04). Menurut Atalia banyak orang tua gelisah karena anak-anaknya kurang suka membaca, namun di sisi lain para orang tua belum memahami arti literasi sebenarnya.

“Para orang tua diserang kegalauan sebab anaknya tak gemar membaca, pun para orang tua hanya memahami literasi sekadar baca tulis serta belum gemar berliterasi,“ kata Atalia. Sebab itulah, timpalnya, para penggiat literasi perlu memberikan pemahaman kepada orang tua supaya mereka lebih melek literasi, bisa menyaring informasi. Orang belum gemar berliterasi akan mudah terprovokasi, mudah termakan hoax, itulah pentingnya berliterasi agar kita bisa mencerna seraya menyaring berita-berita yang belum tentu valid kebenarannya,” tegasnya.

Atalia menyampaikan, banyak pekerjaan rumah harus diakukan para penggiat literasi. “Saya bersyukur ada Bincang Literasi, saya berharap kita bisa membangun budaya literasi bersama-sama. Penting diingat, budaya literasi bukan turunan tetapi sesuatu yang ditumbuhkan; dibiasakan guna menutrisi hati juga otak kita,” ungkap Atalia.

Kebiasaan baik berliterasi bisa dimulai dari rumah melalui ragam metode serta pendekatan, salah satunya menggunakan audio buku. Selain menggelar Bincang Literasi, SLI LPI DD juga meluncurkan sekaligus menyosialisasikan Audio Buku Gemari Baca, “Saya sangat mengapresiasi SLI LPI DD dengan peluncuran Audio Buku Gemari Bacanya, karena apa yang dibacakan orang tua sekarang akan memaksimalkan tumbuh kembang anak nantinya,” ujar Atalia. “Kita berharap bisa terus mengembangkan literasi, terima kasih kepada SLI LPI DD sudah mengadakan Bincang Literasi, mudah-mudahan betul-betul mampu mengembangkan minat baca anak-anak kita,” tutupnya. (AR)