Anniversary ke-5 Combat Indonesia, Menuju Masa Depan Lebih Baik

oleh

MAJALAH JAKARTA – Solidaritas dan kekompakan para driver ojek online tampak kental pada saat menghadiri acara Anniversary ke-5 komunitas Ojek Online (Ojol) Combat Indonesia.

Kegiatan tersebut diselenggarakan pada Minggu (7/8/2022), bertempat di Gedung Balai Rakyat Sukmajaya yang beralamat di Jalan Merdeka Raya, Depok II Tengah.

Acara tersebut turut diramaikan oleh ratusan drivel ojol perwakilan dari berbagai komunitas dan wilayah.

Ketua Komunitas Combat Indonesia Deni Irawan atau yang akrab disapa Engkong Deni yang juga eks guru seni rupa, mengatakan kepada awak media bahwa Combat Indonesia yang berdiri sejak 2017 merupakan komunitas ojol berbadan hukum resmi dengan anggota dari berbagai platfom yang didirikan ini agar kawan-kawan tidak selamanya jadi tukang ojek.

“Kalau sekedar untuk koordinasi, kecil manfaatnya. Itulah kenapa kami membentuk yayasan, agar kedepannya lebih baik dan langkah lebih terarah. Mudah-mudahan dari sini kita bisa kembangkan UMKM yang sudah dimulai teman-teman ojol, kita mulai dari yang kecil tapi yang penting komitmen,” jelas Kong Deni.

Lebih lanjut Deni mengatakan bahwa dirinya sudah “dilamar” beberapa partai politik untuk maju ke legislatif melalui pemilu namun sejauh ini masih ditolaknya dengan beragam alasan.

“Namun tidak tertutup kemungkinan itu, berjuang bisa lewat mana saja termasuk legislatif, walau sejauh ini kami lebih memilih untuk berjuang di lapangan,”ujarnya.

“Harapan besar saya kepada teman-teman Combat agar kedepannya lebih baik. Dan kepada teman-teman komunitas lain kita tetap bersinergi agar terus lebih baik,” tegasnya.

Sementara Ketua Go-grabber Indonesia Feri Budi atau yang akrab disapa Abah Maung mengatakan bahwa Go-grabber Indonesia merupakan saudara kandung dari Combat Indonesia yang sama-sama berdiri sejak 2017 pada saat menurunkan 18-ribu driver pada saat aksi damai di Istana dan Gedung DPR, dan akhirnya sama-sama meresmikan komunitas Go-grabber Indonesia dan Combat Indonesia pada tahun yang sama.

“Masalah kita adalah masalah masa depan, bahwa saya dan Bang Deni bagaimana menciptakan masa depan yang lebih baik lagi untuk para driver ojol, kami memperjuangkan melalui yayasan atau organisasi profesi termasuk memberdayakan UMKM bagi para driver ojol dan tentunya ada proses yang panjang yang sudah kita lewati dalam pembentukan yayasan dan badan hukum legal,” ujar Feri. [San]