Wujudkan Percepatan Digitalisasi, Lembaga Pendidikan Bekasi dan Bogor Berpartisipasi dalam Kegiatan Digitalisasi Sekolah Dinas Pendidikan dan Infradigital

oleh
Majalah Jakarta Wujudkan Percepatan Digitalisasi, Lembaga Pendidikan Bekasi Dan Bogor Berpartisipasi Dalam Kegiatan Digitalisasi Sekolah Dinas Pendidikan Dan Infradigital

MAJALAH JAKARTA – Berupaya tingkatkan literasi digital beserta percepatan digitalisasi lembaga pendidikan, Dinas Pendidikan Kota Bekasi dan Kota Bogor menggandeng Infradigital untuk dapat mewujudkan hal tersebut. Hal ini dikemas melalui kegiatan “Ayo Digitalkan Sekolahmu” yang dilaksanakan pada 29 Maret 2022 di Balai Patriot Kota Bekasi dan 31 Maret 2022 di Aula Kantor Disdik Kota Bogor. Kegiatan ini dihadiri 70 lembaga pendidikan, yang kebanyakan berada pada jenjang SD dan SMP.

Sebelumnya, Infradigital telah sukses mengadakan kegiatan serupa bersama Dinas Pendidikan Kota Depok dan Kabupaten Bekasi pada Januari 2022 lalu. Kegiatan ini diharapkan dapat membantu mempercepat dan pemerataan digitalisasi lembaga pendidikan di Indonesia. Hal ini juga sesuai dengan program yang dicanangkan Kemdikbudristek beserta Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten untuk dapat melakukan transformasi digital.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Bogor, Hanafi, mengungkapkan bahwa pemerataan digitalisasi lembaga pendidikan membutuhkan dukungan dan sinergi dengan pihak terkait agar tujuan digitalisasi dapat tercapai. “Kota Bogor masih perlu digitalisasi yang merata, ditambah dengan adanya pandemi. Dukungan prasarana digital seperti kegiatan ini memang dibutuhkan dari semua pihak termasuk Infradigital sebagai perusahaan teknologi,” ujar Hanafi.

Melalui kegiatan ini, lembaga pendidikan diharapkan dapat bertransformasi bukan hanya di tahap digitalisasi pada praktik pendidikan, tapi juga hingga ke tahap administratif. Sehingga, diharapkan proses administratisi manual dapat diminimalisir dan diubah ke cara yang lebih efektif dan efisien secara digital. Ian McKenna, CEO Infradigital, mengatakan “kegiatan ini tidak berhenti sampai di sini saja. Infradigital siap mendampingi dan melanjutkan kegiatan ini bersama Dinas Pendidikan Kota/Kabupaten dan tentunya dengan dukungan Pemerintah Daerah Kota/Kabupaten masing-masing.”

Sementara itu, Hudi Wijayanto selaku Kepala Dinas Kominfostandi Pemerintahan Kota Bekasi mengapresiasi kegiatan ini dan berharap Infradigital bisa membantu mengoptimalkan digitalisasi sekolah di Bekasi pada jenjang SD dan SMP. “Kami sangat mengapresiasi dan mendukung penuh kegiatan ini, karena berkolerasi terhadap program unggulan pemerintah khususnya Kota Bekasi seperti smart society, dimana pendidikan masuk di dalamnya. Apresiasi untuk Infradigital dengan ekosistem digitalnya untuk membuka ruang dan akses seluas mungkin bagi para penyelenggara pendidikan,” ungkap beliau.

Infradigital, dengan jenama Jaringan IDN, merupakan jaringan lembaga pendidikan terbesar di Indonesia yang terhubung dengan lebih dari 8705 lembaga pendidikan. Kini, sekolah dan orangtua dapat mengakses layanan keuangan, Edu-Tech, maupun kebutuhan pembelajaran lainnya langsung dari genggaman. Saat ini berbagai lembaga pendidikan yang sudah bekerja sama dengan Infradigital mencakup sekolah, universitas, madrasah, pesantren, PKBM, dan bimbingan belajar yang tersebar di 31 provinsi di Indonesia.

Infradigital juga merupakan satu-satunya startup Edu-Tech yang terdaftar di Bank Indonesia (BI), serta mengantongi Sertifikasi ISO 27001:2013 mengenai sistem keamanan informasi (ISMS). []