125 Personel Gabungan Gerebek Lumpur Saluran Phb TMII

oleh

MAJALAH JAKARTA – Sebanyak 125 personel gabungan melakukan gerebek lumpur pada saluran penghubung (Phb) TMII di Jl H Tolib RT 09/09 dan Jl Gorda RT 07, 08 dan 09 RW 09 Kelurahan Lubang Buaya, Cipayung, Jakarta Timur, Minggu (28/11).

Dengan menggunakan peralatan sederhana seperti cangkul, cangkrang, arit, sapu lidi, karung, pengki dan peralatan lainnya, personel gabungan turun ke dalam saluran air yang lebarnya sekitar 1,2 meter dan kedalaman satu meter. Selain menguras sedimen lumpur, mereka juga membersihkan sampah dan tanaman liar yang ada di sepanjang bantaran dan tebing saluran air.

Lurah Lubang Buaya, Dede Syaipulah mengatakan, gerebek lumpur dilakukan karena ketebalan sendimen lumpur pada saluran penghubung ini sudah mencapai 25 hingga 75 sentimeter. Hasilnya, lebih dari 106 meter kubik lumpur berhasil diangkat ke permukaan.

“Panjang saluran penghubung TMII yang dibersihkan kurang lebih 500 meter. Selain itu, saluran air di pemukiman warga juga kita bersihkan,” ungkap Dede.

Selain mengangkut lumpur, lanjut Dede, petugas gabungan juga berhasil membersihkan 10 meter kubik sampah dari saluran penghubung tersebut. Sampah diangkut menggunakan mobil typer kecil ke tempat pembuangan sampah sementara (TPS) terdekat.

Disebutkan, 125 personel gabungan yang terlibat dalam giat ini terdiri dari 40 petugas dari Satgas Sumber Daya Air (SDA), 15 personel UPK Badan Air Dinas LH DK, PPSU 40 personel dan warga 30 orang.